Hobby Motret? Jual Fotomu di 20 Situs Online Populer Ini

17

Maret 7, 2015 oleh daldigital

Jika Anda memiliki hobi fotografi, mungkin bisa menghasilkan uang dari internet. Anda bisa menghasilkan uang dari hasil jepretan Anda. Anda bisa menjual gambar binatang, pemandangan alam, dan gambar apa pun dapat menambah pundi-pundi uang. Daripada Anda share ke akun jejaring sosial  seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau yang lain, alangkah baiknya jika bisa mendapat penghasilan dari foto itu.

Banyak individu, bisnis atau perusahaan seperti majalah, biro iklan, desainer web, mau pun seniman grafis memanfaatkan situs-situs stock photography untuk mencari foto. Alasannya, lebih hemat biaya daripada harus membayar fotografer profesional.

Oh ya, perlu diperhatikan juga beberapa hal untuk memulai menghasilkan uang dari jual foto online:
1. Daftar di banyak situs bursa fotografi, untuk mendapatkan eksposur yang maksimal untuk gambar Anda.

  1. Selalu mengirimkan foto Anda ke kategori yang tepat, karena jika Anda memilih kategori yang salah akan ditolak atau tidak diperhatikan.
  2. Pastikan bahwa foto-foto tersebut benar-benar hasil karya Anda sendiri untuk menghindari masalah pelanggaran hak cipta.

Berikut 20 situs yang yang dapat menjual foto hasil karya sendiri, semoga berhasil 🙂

1. Istockphoto.com
Bisa dibilang ini adalah situs jual beli foto online yang paling populer dan tertua. Anda bisa mendapatkan komisi sampai 15% untuk setiap foto yang di download. Bahkan jika anda bisa menjadi exclusive contributor, komisi sebesar 45% menanti anda. Nah, jika earning anda sudah mencapai $100, anda bisa meminta pembayaran. Pembayaran bisa melalui cek, PayPal, Money Bookers, desposit langsung, atau Master Card.
Di sini, Anda tidak hanya bisa menjual foto, tapi juga ilustrasi, audio dan video. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencobanya.

istockphoto-homepage

 

2. 123rf.com
Situs jual beli foto yang ini juga sangat populer. Komisi anda bahkan bisa mencapai 60% dari harga yang diterakan. Juga ada komisi sebesar %0.43 untuk setiap unduhan terlanggan. Soal cara pembayaran, anda juga bisa nyaman, karena mendukung hampir semua metode pembayaran.

123rf-homepage3. Alamy.com
Ini yang paling ramah. Anda bisa mendapat royalti sampai 60% dari foto-foto anda. Bisa dibilang ini situs jual beli foto yang memberi royalti paling tinggi. Yang juga menguntungkan adalah anda juga masih boleh menjual foto yang sama ke situs jual beli foto yang lain.

alamy_1-blog-full

4. ShutterStock.com
wah, yang satu ini juga sangat populer sebagai situs tempat jual-beli foto online. Anda bisa mendapatkan pendapatan antara 20% sampai 30% untuk setiap foto anda yang didownload. Ada skema pendapatan yang berbeda, ada yang langganan harian, on demand dan enhanced license.

shutterstock-heatmap5. Fotolia.com
jika anda sering mencari foto secara online untuk keperluan khusus, bisa jadi anda sudah pernah mengunjungi situs yang satu ini. Dengan mengupload foto anda ke Fotolia, anda bisa dengan mudah menyajikan foto anda ke jutaan calon pembeli foto dari seluruh dunia dengan mudah. Fotolia menyediakan beberapa aplikasi untuk lisensi pembelian. Untuk setiap foto yang terjual anda akan menerima royalti berdasarkan tipe berlangganan pembeli. Pendapatan sebesar 20% sampai 60% untuk penjualan setiap foto yang didownload, dan komisi sebesar 0.25 sampai 0.40 kredit untuk download oleh pelanggan.

fotolia.com-homepage16. BigStockPhoto
Disini setiap foto anda di download, anda akan mendapatkan uang sekitar $0.50 hingga $1.00. Tetapi untuk download spesial (foto anda digunakan untuk suatu produk), anda bisa mendapatkan $60 per foto.

bigstock7. Veer.com
Sekali Anda terdaftar sebagai kontributor di situ sini, maka setiap kali foto Anda didownload, Anda akan menerima royalti, yang akan dibayarkan setiap pertengahan bulan, dengan nilai minimum pembayaran sebesar $100. Bukankah itu bisa menjadi sumber passif income?

veer8. Imagekind
Imagekind otomatis akan menetapkan harga dasar dari foto karya Anda. Dari situ, lalu Anda bisa menentukan mark-up atau harga jual akhir kepada calon pembeli.

imagekind9. ShutterPoint
Situs ini menawarkkan banyak fitur untuk kepentingan fotografer termasuk formulir pengisian permohonan pembeli. Pembayaran disini adalah sekitar 85% dari hasil penjualan foto.

shutterpoint10. Picturestock
Pada saat satu foto terjual, maka 50% untuk fotografer, 25% untuk distributor yang mereferensikan pembeli, dan 25% dibagi antara Picturestock dan agensi penjualan.
Jika pembeli bukan berasal dari referal, maka 50% untuk Picturestock dan agen penjualan, sisanya untuk fotografer.

picturestock11. FreeDigitalPhotos.net
yang satu ini bahkan berani memberi anda komisi sebesar sampai 70% untuk setiap foto anda yang terdownload. Harga setiap foto anda akan mulai dari $3 per download. Hitung saja jika anda bisa menjual dua foto saja perhari.

free-digital12. StockFresh.com
anda bisa memperoleh komisi minimal sebesar 50% sampai maksimal 62.5% untuk foto yang didownload per satuan. Jika pembeli sudah berlangganan maka anda akan mendapat komisi sebesar $0.35 per download. Kog sedikit? Ada kompensasinya kog, anda bisa mendapat komisi sebesar 10% meskipun pengunjung tidak mendownload foto anda tapi membeli foto orang lain asal pengunjung tersebut masuk ke stockfresh dari link anda. Jadi semacam afiliasi begitu. Jadi untuk promosi, anda bisa memasukkan link koleksi foto anda di website, blog, atau forum. Lumayan kan?

Stockfresh.com_-Royalty-Free-Stock-Photo.png13. DreamsTime
Disini anda harus diterima dahulu sebelum mulai menjual foto, sistem pembayaran kepada anda cukup kompleks tetapi hal ini dibuat agar anda mendapatkan hasil segera setelah bergabung. Pembayaran penjualan foto adalah sekitar 80%.

dreamstime-promo-code14. PhotoStockPlus
Tentukan harga sendiri berapa Anda ingin menjual karya Anda, atau Anda bisa menyerahkan sepenuhnya kepada PhotoStockPlus untuk menentukan harga jual dan Anda menerima sampai 85% bagi hasil dari penjualan.

photostock15. Stockxpert
Hasil penjualan foto milik anda di situs ini adalah sekitar $1-$10, dimana 50% hasil penjualan untuk anda. Karena cukup murah, penjualan disini cukup cepat.

stockx16. SuperStock
Situs ini telah menjual gambar dan foto selama kurang lebih 20 tahun baik secara online dan offline, cukup selektif menerima hasil foto yang diajukan tetapi situs ini memiliki kredibilitas tinggi.

superstock.com

17. FotoLibra
Ada tiga program yang bisa Anda jalankan sebagai kontributor di FotoLibra, yaitu:
Pertama, dengan mengupload foto biasa. Ini seperti di tempat lainnya, Anda menerima bagi hasil setiap kali foto terjual atau didownload.
Kedua, Anda menawarkan koleksi foto ‘jadul’. Ya foto-foto lama yang mengandung sejarah, lebih bagus lagi terangkai menjadi sebuah ‘cerita sejarah’. Ini lebih tinggi dihargai oleh mereka.
Ketiga, di FotoLibra ada banyak permintaan dari pembeli terhadap foto-foto tertentu, dengan syarat dan kondisi tertentu juga tentunya. Nah, Anda bisa menawarkan karya Anda sesuai dengan yang diminta oleh pembeli. Sekali lagi, Anda dibayar lebih mahal jika terpilih.

fotolibra18. CutCaster
Anda bisa menentukan sendiri harga jual atau biarkan Cutcaster yang menentukannya untuk Anda, dan Anda menerima sampai 55% dari penjualan.

cutcuster19. Etsy
Banyak produk yang bisa Anda jual melalui Etsy, seperti kerajinan tangan, lukisan, dan banyak lagi, termasuk tentu saja foto.
Di sini, Etsy hanya bertindak sebagai perantara antara Anda dengan pembeli dari seluruh penjuru dunia. Artinya, Anda sendiri yang menentukan harga, Anda sendiri yang mengirimkan produk dan sebagainya. Etsy hanya memastikan pembeli mendapatkan produk yang mereka beli, dan Anda menerima bayaran sesuai yang telah disepakati. Untuk itu Etsy meminta komisi sebesar 3,5% saja!

etsy20. FotoTime
Mudah sekali untuk memulai di FotoTime. Anda tinggal mendaftar sebagai kontributor, mengupload foto, menentukan harga, dan selesai.
Semua hal lain, seperti proses penjualan, pencetakan dan pengiriman semua dilakukan oleh mereka. Anda mendapat komisi bagi hasil dari setiap penjualan yang terjadi.

fototime.comNah, itulah 20 situs yang bisa Anda manfaatkan untuk merubah arsip foto Anda yang menjadi pundi-pundi uang. Tidak harus mengikuti semua situs di atas, namun juga sebaiknya tidak hanya mengandalkan satu tempat. Pilihlah yang sesuai dengan karya atau kebutuhan Anda.

Jangan biarkan foto-foto Anda terbengkalai, hanya menjadi tumpukan arsip tak berguna. Jika bisa jadi uang, kenapa tidak, bukan?

 

Iklan

17 thoughts on “Hobby Motret? Jual Fotomu di 20 Situs Online Populer Ini

  1. Ali Nurkhamid berkata:

    Senang dg info ini. Semoga Allah memberkah barokah.

  2. bqyoga berkata:

    Thanks informasinya ya.

  3. Syam Story berkata:

    Bermanfaat postingannya.
    Tk

  4. n2fs berkata:

    Nice info kk
    Salam kenal

  5. Nasroel berkata:

    Kalau ingin bergabung di situs ini,cara nya gimana …mohon info nya …

  6. simple berkata:

    good info…nanya lagi ya..it semua situs luar atau campuran..??

  7. mohammad berkata:

    info yang menarik bruh ini saya hobi motret tapi pake kamera hp seadanya sih haha

  8. denphot berkata:

    Min bolehkah saya bertanya? apakh anda seorang fotografer freelance ? jika ia situs yang mana yang anda gunakan diartikel ini untuk menjual foto anda? atau sarannya situs yang mana yang cepet dapat uangnya dan ngk ribet ? thanks artikelnya bagus bgt.

  9. rahmat nugroho berkata:

    saat ini saya sudah menghasilkan uang di Bigstockphoto, 123rf, istockphoto, dreamstime, clashot, redbubble dan twenty20. Yang sudah payout diantaranya (123rf, Bigstockphoto dan Twenty20)

    silahkan jika mau sharing saya terbuka sekali

  10. Ailana berkata:

    Sangat menarik tulisannya! Keren lah patut dicoba..makasih ya infonya 🙂

    Kunjungi juga: http://www.jualandiinstagram.wordpress.com

  11. eva berkata:

    Info yang bermanfaat, terima kasih.

  12. […] saku, DSLR, maupun smartphone, berarti bisa ubah hobi ini jadi uang. Jual karya fotomu secara online maupun offline (ke teman dan kolega yang lagi butuh photo stock tertentu). Kegunaan foto saat ini […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: